Cara Cek Hardisk Bad Sector dengan CMD

Komputer atau Laptop bahkan Notebook mempunyai satu media penyimpanan internal yang dinamakan hardisk. Di dalam hardisk  biasanya terdapat banyak sekali file, baik itu file system ataupun file data yang sudah kita simpan. Apa jadinya jika Komputer atau laptop sering hang, untuk bekerja loading lambat bahkan sampai not responding. Tentu hal ini akan sangat membikin hati risau.

Untuk mengetahui penyebab dari loading lambat  tersebut tidak salahnya apabila kita memulai untuk mengecek kesehatan hardisk kita sebab kalau sampai ada BAD SECTOR di hardisk kita tentunya perlu disiapkan alokasi untuk menggantinya. Untuk melakukan hal itu bisa dilakukan dengan program yang sudah menjadi bawaan pada saat kita instal windows. Atau bisa juga dengan program bantuan dari pihak ketiga semisal Partition Magic, HDD Tune atau yang lainnya. Lihat Artikel ini : Cek Hardisk dengan HD TuneMentari Komputer | Service Komputer Panggilan

Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk Cek Hardisk Bad Sector dengan CMD adalah sebagai berikut : 
Klik menu Start - All Programs - Accessories - Command Prompt atau bisa juga dengan cara Klik Menu Start - Run, kemudian ketik CMD dan Enter.

https://mentarikomp.blogspot.com/2018/09/cara-cek-hardisk-bad-sector-dengan-cmd.html

Kedua perintah di atas untuk mengarah kita kepada window atau jendela COMMAND PROMPT (cmd).

https://mentarikomp.blogspot.com/2018/09/cara-cek-hardisk-bad-sector-dengan-cmd.html
Dari Command Prompt ketik perintah CHKDSK (perintah boleh menggunakan huruf kecil atau besar sama saja). Kemudian tekan tombol Enter. Perhatikan gambar di bawah ini.

Hasil dari perintah yang telah diberikan di atas antara lain seperti terlihat dalam gambar berikut ini :


https://mentarikomp.blogspot.com/2018/09/cara-cek-hardisk-bad-sector-dengan-cmd.html

  • Total Disk Space, menyatakan besaran kapasitas maksimum dari hard disk
  • n Hiden Files (n menyatakan nilai tertentu), menyatakan besaran kapasaitas yang digunakan oleh file-file yang tersembunyi (file yang tersembunyi ini biasanya adalah file-file sistem operasi)
  • n Folders, menyatakan jumlah folder yang berada dalam satu drive
  • n Files, menyatakan n/Jumlah file yang berada di dalam satu drive
  • Bad Sector, menyatakan jumlah bytes yang terkena bad sector dalam satu drive (jika 0(nol) bytes berarti hard disk anda adalah Sehat dan bilah lebih besar dari 0 (nol) maka hard disk anda sudah ada Bad Sector-nya jadi waspadalah karena dengan adanya bad sector kemungkinan terjadi kerusakan data dapat terjadi kapan saja)
  • Available, menyatakan kapasitas hard disk dalam satu drive yang masih bisa digunakan untuk menyimpan data.


Setelah melakukan hasil pengujian Hardisk dengan CMD akhirnya kita benar-benar tahu bagaimana kondisi hardisk yang sedang kita pakai. Jika terdapat Bad Sector segera Backup Data secara berkala untuk mengantisipasi hilangnya data dan gantilah dengan hardisk yang sehat. Sekian. Selamat Mencoba !!! dan Semoga Bermanfaat !!!

2 comments for "Cara Cek Hardisk Bad Sector dengan CMD"